RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Topik : Hidup Rukun
Petemuan ke : 1
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
þ
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
þ
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
PPKn
1.1
Menghargai keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah
Tuhan
1.2
Menunjukkan sikap
kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan
Bahasa Indonesia
1.1
Menerima Bahasa Indonesia
sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2
Mendengarkan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di
sekolah dan di rumah
1.3
Mengucapkan doa dengan bahasa
yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
1.4
Menyapa dan menyampaikan
ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
1.5
Gemar menggali informasi melalui
membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
1.6
Menunjukkan kepedulian
terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
1.7
Mendengarkan pesan pendek,
larangan, permintaan, penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan
memberikan tanggapan yang sesuai
1.8
Bercerita tentang pengalaman
yang mengesankan Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup
hemat energi
1.9
Berbicara spontan tentang
diri sendiri dan keluarga
1.10 Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan
menceritakan pengalamannya
1.11 Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.)
kepada teman, anggota keluarga
1.12 Mengamati keadaan dan kenampakan alam, aktivitas makhluk hidup (pada waktu
siang dan malam hari) dan menanggapinya secara lisan dengan kalimat
[(Seandainya saya _____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)]
1.13 Menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan huruf lepas
dan tegak bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
1.14 Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk,
jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih
tempat dengan cahaya yang terang)
1.15 Menerapkan cara menulis (permulaan)dengan benar (cara duduk, cara memegang
pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan
cahaya yang terang)
Matematika
1.1
Mengelola penggunaan uang
saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal.
1.2
Mengenal dan menukar nilai
antar pecahan uang
1.3
Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan
efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas
sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1.1
Menghargai tubuh sebagai
anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2
Menunjukkan perilaku percaya
diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang
menyenangkan.
1.3
Menunjukkan kemauan kerjasama
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang
menyenangkan
1.4
Memiliki perilaku hidup sehat
1.5
Memahami dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas
(seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah)
1.6
Mengetahui apa yang dilakukan
dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
1.7
Mempraktikkan variasi pola
gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
1.8
Mempraktikkan variasi pola
gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
1.9
Mempraktikkan aktivitas
jasmani untuk pengembangan kecepatan,
kelenturan melalui permainan sederhana
1.10 Mempraktikkan variasi pola gerak
dominan dalam senam (mendarat, gerak
berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)
Seni, Budaya, dan Prakarya
1.1
Menunjukkan percaya diri
untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
1.2
Mengenal tanggung jawab dan
peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya
1.3
Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik
ritmis
1.4
Membedakan aneka jenis benda
bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan
1.5
Menyanyikan lagu anak-anak
sederhana dengan pola irama yang bervariasi alat musik ritmis
1.6
Membuat karya kreatif dengan
mengolah bahan buatan lingkungan rumah
melalui kegiatan bermain lipat, gunting, dan tempel
C. INDIKATOR
PPKn
þ Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik
individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah
þ Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik
individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah.
þ Menjelaskansikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
þ Menjelaskan beberapa suku
teman-teman yang ada dalam kelasnya.
Bahasa Indonesia
þ Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
þ Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
þ Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan
doa
þ Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat
berdoa sendiri
þ Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
þ Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ Mengucapkan maaf secara tepat
þ Menanya sesuatu kepada orang lain
þ Mendengarkan penjelasan
þ Menyanyangi tumbuhan (menyiram tumbuhan, tidak menginjak
rumput, tidak memetik bunga di taman, dsb)
þ Memberi makan dan membersihkan hewan piaraan serta tidak
menyakiti.
þ Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam pesan pendek
þ Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan
þ Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan larangan
þ Mengucapkan kembali pernyataan penolakan
þ Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks
þ Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks yang diperdengarkan
þ Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam syair
lagu
þ Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi syair lagu
þ Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan
þ Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan
þ Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
þ Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
þ Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
þ Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak
didengar
þ Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan
sekitar
þ Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan
dan air
þ Menyiram atau memupuk tumbuhan
þ Memberi makan hewan peliharaan
þ Menceritakan akibat bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu
lama
þ Menceritakan akibat bila hewan tidak diberi makan dalam
waktu lama
þ Menggambar tumbuhan atau hewan
þ Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang
dan malam hari
þ Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam
hari
þ Membedakan aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan
malam hari.
þ Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti gunung,
sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat tinggla dan
sekolah
þ Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di
lingkungan tempat tinggal dan sekolah
þ Berposisi duduk secara benar
þ Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ Memegang teks bacaan dengan tepat
þ Membalik halaman buku dengan benar
þ Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ Berposisi duduk secara benar
þ Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ Memegang pensil dengan tepat
þ Membalik halaman buku dengan benar
þ Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
Matematika
þ Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa
sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk
tabel
þ Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan
menu makan, minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan hemat di sekolah
dan di rumah
þ Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan atau minuman yang
tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat
þ Menghitung jumlah
uang yang terbuang dari makanan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi
þ Bertindak hemat dalam mengelola uang melalui menabung
atau cara lainnya
þ Menjelaskan atau menceritakan pengalaman beramal yang
pernah dilakukan
þ Menceritakan manfaat beramal bagi diri sendiri dan orang
lain
þ Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang
diselenggarakan oleh kelas
þ Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang digunakan
sehari-hari
þ Menaksir harga barang yang digunakan sehari-hari
þ Menukar berbagai nilai pecahan uang dengan sejumlah uang
pecahan lainnya
þ Menjelaskan berbagai pilihan barang-barang untuk dibeli
dengan sejumlah uang yang tersedia
þ Menjelaskan alasan memilih barang-barang untuk dibeli
dengan sejumlah uang yang tersedia
þ Menentukan kembalian uang dari praktek permainan
jual-beli barang dengan berbagai cara
þ Menceritakan kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang
benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ Menggambarkan masalah sehari-hari yang sederhana dan
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang
benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ Menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau
penggunaan uang
þ Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah
sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda,
atau penggunaan uang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Menyebutkan alat-alat kebersihan yang digunakan untuk
membersihkan kelas
þ Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di halaman sekolah(azz)
þ Membuat daftar piket kelas
þ Menyebutkan apa yang perlu dilakukan sebelum Mempraktikkan
aktivitas fisik
þ Menyebutkan apa yang dihindarkan sebelum Mempraktikkan
aktivitas fisik
þ Menyebutkan apa yang dihindarkan setelah Mempraktikkan
aktivitas fisik
þ Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ Mempraktikkan variasi gerak menekuk
þ Mempraktikkan variasi gerak berjalan
þ Mempraktikkan variasi gerak berlari
þ Mempraktikan variasi gerak melompat
þ Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ Mempraktikkan variasi gerak menekuk
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengekspresikan karya
þ Memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap pemanfaatan
benda di alam sekitar
þ Memprakarsai sikap peduli terhadap lingkungan sekitar
dengan merapikan setelah bekerja(azz)
þ Menyebutkan pola irama lagu bertanda birama tiga
þ Menyebutkan pola bervariasi
þ Menyebutkan pola irama rata
þ Membedakan pola irama lagu bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama rata
þ Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
þ
Mengenal
judul lagu dan iringannya
þ Menunjukkan aneka bahan di lingkungan yang dapat
dimanfaatkan sebagai karya kreatif boneka
þ Mengumpulkan bahan yang terdapat di lingkungan untuk
membuat boneka
þ Menyanyi dengan tepuk irama
þ Menyanyi dengan tepuk birama
þ Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna
þ Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas
þ Menyanyi lagu sesuai dengan frasering
þ Merancang karya kreatif boneka yang dihasilkan dari bahan
di lingkungan sekitar
þ Memotong pola dari bahan di lingkungan sekitar untuk
dibentuk menjadi boneka sesuai rancangan
þ Menyusun pola menjadi karya kreatif boneka
þ Menilai karya boneka diri sendiri dan orang lain
D. TUJUAN
þ Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan
guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumahdan di sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
PPKn
þ Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa
dapat berperilaku baik (jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
þ Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh
di sekolah.
þ Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang
berlaku dalam kehidupan sehari hari di
sekolah.
þ Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat
menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
þ Dengan menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa & Lihat Kebunku dapat
menumbuhkan rasa cinta tanah air.
Bahasa Indonesia
þ Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
þ Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ Sikap senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan isi pikiran kepada teman, Guru dan orang lain.
þ Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat
berdoa sendiri
þ Lafal teks doa dengan jelas
þ Lafal &
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
þ kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
þ lingkungan sehat dan tidak sehat
þ Nama-nama tempat dalam cerita
þ Urutan peristiwa
þ Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
þ Lingkungan sehat dan tidak sehat
þ Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang
tepat
þ Posisi duduk secara benar
þ Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
þ Teks bacaan dengan tepat
Matematika
þ Dengan menuliskan daftar kebutuhan siswa
sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk
tabel siswa dapat mengetahui daftar kebutuhannya
þ Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat memilih jenis tas, wadah atau tempat yang
digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
þ Dengan mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk
bangun ruang dan bangun datar
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan kelas dan
halaman
þ Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk,
memutar dan melompat.
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan dengan
cara mengekspresikan diri memainkan alat musik ritmis.
þ Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah
Tuhan
þ Lingkungan sekitar secara seksama
þ Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
þ Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
þ Lagu Lihat Kebunku
þ Dapat membedakan pola irama
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
þ
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak
þ
Mengajak Semua Siswa menyanyi “SELAMAT PAGI GURU”
þ
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan
antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang “HIDUP RUKUN”
|
10 menit
|
Inti
|
þ
Peserta didik menyanyikan lagu “Satu nusa satu bangsa”
þ
Melalui pengamatan gambar peserta didik menunjukan perbedaan kesukaan, hobi, fisik,
agama, dan psikis
þ
Peserta didik saling bertanya tentang kegemaran
þ
Peserta didik di dalam kelompok secara bergiliran menyampaikan pikirannya terkait dengan kesukaan/hobi
beserta alasananya
þ
Peserta didik
secara bersama-sama bernyanyi lagu “lihat kebunku”
þ
Di dalam kelompok peserta didik secara berkelompok
mengamati lingkungan sekolah kemudian mencatat nama tumbuhan dan hewan yang
ada di lingkungan sekitar
þ
Peserta didik melaporkan hasil pengamatan serta menerangkan kebutuhan hewan dan
tumbuhan
þ
Di dalam kelompok peserta didik membuat daftar kebutuhan
siswa sehari-hari, kemudian peserta didik menempelkan hasil kelompoknya pada
kertas karton, peserta didik saling menilai hasil kerja kelompok
þ
Peserta didik secara bersama-sama melakukan gerakan pisik dengan permainan
yang menyenangkan, seperti ketika guru menyebut rukun seluruh peserta didik
jongkok, ketika guru menyebut hidup peserta didik berdiri sambil melompat
þ
Peserta didik mempraktekan cara membaca dengan posisi
duduk yang benar, memegang teks bacaan yang tepat, membalikan halaman buku
dengan benar
þ
Mempraktekan lafal sapaan, ucapan terima kasih, dan maaf
kepada teman melalui demontrasi di depan kelas
þ
Melalui permainan pesan berantai peserta didik menyebutkan kebutuhan makan/minuman yang
dibeli di sekolah
þ
Melalalui permainan penjual dan pembeli peserta didik
dapat menghitung uang yang dibutuhkan untuk membeli suatu makanan/minuman
þ
Peserta didik berlari secara bergantian memindah makanan
dan alat tulis
þ
Di dalam kelompok peserta didik diskusi akibat dari tidak
merawat benda-benda yang dimilki
þ
Di dalam kelompok peserta didik berdiskusi tentang
keadaan alam keadaan cahaya/suhu pada waktu, serta menyebutkan aktivitas
siang dan malam kemudian menempek pada kertas karton
þ
Peerta didik secara kelompok menilai hasil kerja kelompok
melalui belajar sambil berjalan
þ
Peserta didik secara individu dan kelompok menyanyi lagu anak yang berhubungan dengan
hidup rukun diiringi dengan gerakan yang ekspresip
þ
Peserta didik memahami perbedaan keingin antara adik,
kakak, ayah, dan ibu tetapi selalu bersama dalam kebaikan
þ
Peserta didik dalam kelompok saling bertanya tentang asal
daerah, dan suku nya dan menerangkan suku dari teman sekelompok yang
berbeda-beda
þ
Peserta didik
menuliskan pesan yang terkandung dalam syair lagu tersebut
þ
Peserta didik menuliskan hal-hal yang tidak boleh
dilakukan di dalam kelas dan menempelnya di kertas karton
þ
Peserta didik membedakan pernyataan pemberitahuan dan
larangan melalui penyajian kalimat/pernyataan pendek atau dalam bentuk
permainan seperti peserta didik dibagi kalimat dengan acak, kemudian guru
memerintahkan yang mendapat kalimat pemberitahuan berkumpul di sebelah kiri
kelas dan yang mendapat kalimat larangan berkumpul di sebelah kanan kelas
dalam suasana yang tertib dan rapih
|
150 menit
|
|
þ
Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat dan tidak
sehat, (eksplorasi, menyimak,
menanya, menalar) al:
·
Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·
Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah
satu siswa saja).
·
Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan
jawaban.
·
Mendorong
keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
|
þ
Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang RUMAHKU
(membaca, mendengar)
þ
Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya,
lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
þ
Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca
TEKS
·
(penilaian
proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian
dan kebenaran dalam membaca)
·
Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung
dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
þ
Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar )
þ
Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta
membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri,
(rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak
dan menalar)
|
|
|
þ Guru mengelompokan siswa
berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa
mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
þ Siswa berkelompok
sesuai dengan nomor yang dimiliki.
þ Guru membagi gambar kepada
masing-masing kelompok
þ Masing-masing siswa diminta
untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda
yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi,
elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
þ Siswa diminta untuk menceritakan
hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
þ Setelah tercapai kesepakatan
dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan
yang lain (TPS)
|
|
|
|
Penilaian proses:
þ
Guru
berkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
þ
Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya,
ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
þ
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|
þ
Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
·
Gambar kegiatan menyapu kelas
·
Gambar kegiatan membersihkan debu
·
Gambar kegiatan menata buku
·
Membersihkan jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan rumah
·
Gambar kegiatan menyapu rumah
·
Gambar kegiatan mengepel lantai
·
Gambar kegiatan menata tempat tidur
·
Gambar kegiatan
membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
kampung
·
Gambar kegiatan membersihkan selokan
·
Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
·
Gambar kegiatan membuang sampah
·
Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan
lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan.
Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling
membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir
berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan
cerminan dari sikap bertanggung jawab.
|
|
|
|
þ
Semua
kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema
yang sedang dipelajari.
þ
Guru
memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan
dan konfirmasi),
þ
Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan
memberikan pendapatnya
|
|
þ
Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “Satu
Nusa Satu Bangsa” untuk
mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
·
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya,
cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
|
|
þ
Guru
mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.
Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak
nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb
|
|
|
þ
Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar)
(mengkomunikasikan)
|
|
|
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian
proses)
|
|
|
þ
Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang
rumah yang bersih dan sehat
|
|
|
þ
Hasil
kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
|
|
|
|
þ
Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan
hidup sehat
|
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
þ
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan
penilaian hasil belajar
|
|
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
|
|
·
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
þ Diri anak
þ Lingkungan keluarga
þ Lingkungan sekolah
þ Buku Tematik Kelas 2
þ Buku Pengembangan Diri Anak
þ Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan
bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ Gambar/contoh langsung karya cetak dengan berbagai bahan alam dan bentuk
þ Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan
tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
þ Buku kirigami (seni mengunting)
þ
Buku
Pengembangan Diri Anak
I. PENILAIAN
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilain
Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
·
Penilaian
Kinerja
·
Penilaian
Produk
b. Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan
ganda
·
Isian
singkat
·
Esai
atau uraian
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Topik : Hidup Rukun
Petemuan ke : 2
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
þ
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
þ
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
PPKn
1.1
Menghargai keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah
Tuhan
Bahasa Indonesia
1.1
Menerima Bahasa Indonesia
sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2
Mendengarkan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di
sekolah dan di rumah.
1.3
Mengucapkan doa dengan bahasa
yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
Matematika
1.1
Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan
efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas
sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1.1
Menghargai tubuh sebagai
anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2
Menunjukkan perilaku percaya
diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang
menyenangkan
1.3
Menunjukkan kemauan kerjasama
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang
menyenangkan
Seni, Budaya, dan Prakarya
1.1
Menunjukkan percaya diri
untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
1.2
Mengenal tanggung jawab dan
peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya
C. INDIKATOR
PPKn
þ Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik
individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah
þ Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik
individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah.
þ Menjelaskansikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
þ Menjelaskan beberapa suku
teman-teman yang ada dalam kelasnya.
Bahasa Indonesia
þ Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
þ Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
þ Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan
doa
þ Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat
berdoa sendiri
þ Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
þ Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ Mengucapkan maaf secara tepat
þ Menanya sesuatu kepada orang lain
þ Mendengarkan penjelasan
þ Menyanyangi tumbuhan (menyiram tumbuhan, tidak menginjak
rumput, tidak memetik bunga di taman, dsb)
þ Memberi makan dan membersihkan hewan piaraan serta tidak
menyakiti.
þ Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam pesan pendek
þ Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan
þ Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan larangan
þ Mengucapkan kembali pernyataan penolakan
þ Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks
þ Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks yang diperdengarkan
þ Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam syair
lagu
þ Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi syair lagu
þ Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan
þ Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan
þ Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
þ Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
þ Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
þ Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak
didengar
þ Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan
sekitar
þ Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan
dan air
þ Menyiram atau memupuk tumbuhan
þ Memberi makan hewan peliharaan
þ Menceritakan akibat bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu
lama
þ Menceritakan akibat bila hewan tidak diberi makan dalam
waktu lama
þ Menggambar tumbuhan atau hewan
þ Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang
dan malam hari
þ Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam
hari
þ Membedakan aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan
malam hari.
þ Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti gunung,
sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat tinggla dan
sekolah
þ Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di
lingkungan tempat tinggal dan sekolah
þ Berposisi duduk secara benar
þ Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ Memegang teks bacaan dengan tepat
þ Membalik halaman buku dengan benar
þ Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ Berposisi duduk secara benar
þ Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ Memegang pensil dengan tepat
þ Membalik halaman buku dengan benar
þ Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
Matematika
þ Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa
sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk
tabel
þ Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan
menu makan, minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan hemat di sekolah
dan di rumah
þ Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan atau minuman yang
tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat
þ Menghitung jumlah
uang yang terbuang dari makanan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi
þ Bertindak hemat dalam mengelola uang melalui menabung
atau cara lainnya
þ Menjelaskan atau menceritakan pengalaman beramal yang
pernah dilakukan
þ Menceritakan manfaat beramal bagi diri sendiri dan orang
lain
þ Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang
diselenggarakan oleh kelas
þ Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang digunakan
sehari-hari
þ Menaksir harga barang yang digunakan sehari-hari
þ Menukar berbagai nilai pecahan uang dengan sejumlah uang
pecahan lainnya
þ Menjelaskan berbagai pilihan barang-barang untuk dibeli
dengan sejumlah uang yang tersedia
þ Menjelaskan alasan memilih barang-barang untuk dibeli
dengan sejumlah uang yang tersedia
þ Menentukan kembalian uang dari praktek permainan
jual-beli barang dengan berbagai cara
þ Menceritakan kembali masalah sehari-hari yang sederhana
dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ Menggambarkan masalah sehari-hari yang sederhana dan
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang
benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ Menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau
penggunaan uang
þ Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah
sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda,
atau penggunaan uang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Menyebutkan alat-alat kebersihan yang digunakan untuk
membersihkan kelas
þ Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di halaman sekolah
þ Membuat daftar piket kelas
þ Menyebutkan apa yang perlu dilakukan sebelum Mempraktikkan
aktivitas fisik
þ Menyebutkan apa yang dihindarkan sebelum Mempraktikkan
aktivitas fisik
þ Menyebutkan apa yang dihindarkan setelah Mempraktikkan
aktivitas fisik
þ Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ Mempraktikkan variasi gerak menekuk
þ Mempraktikkan variasi gerak berjalan
þ Mempraktikkan variasi gerak berlari
þ Mempraktikan variasi gerak melompat
þ Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ Mempraktikkan variasi gerak menekuk
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengekspresikan karya
þ Memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap pemanfaatan
benda di alam sekitar
þ Memprakarsai sikap peduli terhadap lingkungan sekitar
dengan merapikan setelah bekerja
þ Menyebutkan pola irama lagu bertanda birama tiga
þ Menyebutkan pola bervariasi
þ Menyebutkan pola irama rata
þ Membedakan pola irama lagu bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama rata
þ Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
þ
Mengenal
judul lagu dan iringannya
þ Menunjukkan aneka bahan di lingkungan yang dapat dimanfaatkan
sebagai karya kreatif boneka
þ Mengumpulkan bahan yang terdapat di lingkungan untuk
membuat boneka
þ Menyanyi dengan tepuk irama
þ Menyanyi dengan tepuk birama
þ Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna
þ Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas
þ Menyanyi lagu sesuai dengan frasering
þ Merancang karya kreatif boneka yang dihasilkan dari bahan
di lingkungan sekitar
þ Memotong pola dari bahan di lingkungan sekitar untuk
dibentuk menjadi boneka sesuai rancangan
þ Menyusun pola menjadi karya kreatif boneka
þ Menilai karya boneka diri sendiri dan orang lain
D. TUJUAN
þ Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan
guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
PPKn
þ Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa
dapat berperilaku baik (jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
þ Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh
di sekolah.
þ Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang
berlaku dalam kehidupan sehari hari di
sekolah.
þ Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat
menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
þ Dengan menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa & Lihat Kebunku dapat
menumbuhkan rasa cinta tanah air.
Bahasa Indonesia
þ Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
þ Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ Sikap senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan isi pikiran kepada teman, Guru dan orang lain.
þ Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat
berdoa sendiri
þ Lafal teks doa dengan jelas
þ Lafal &
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
þ kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
þ lingkungan sehat dan tidak sehat
þ Nama-nama tempat dalam cerita
þ Urutan peristiwa
þ Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
þ Lingkungan sehat dan tidak sehat
þ Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang
tepat
þ Posisi duduk secara benar
þ Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
þ Teks bacaan dengan tepat
Matematika
þ Dengan menuliskan daftar kebutuhan siswa
sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk
tabel siswa dapat mengetahui daftar kebutuhannya
þ Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat memilih jenis tas, wadah atau tempat yang
digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
þ Dengan mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk
bangun ruang dan bangun datar
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan kelas dan
halaman
þ Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk,
memutar dan melompat.
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan dengan
cara mengekspresikan diri memainkan alat musik ritmis.
þ Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah
Tuhan
þ Lingkungan sekitar secara seksama
þ Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
þ Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
þ Lagu Lihat Kebunku
þ Dapat membedakan pola irama
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
þ
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak
þ
Mengajak Semua Siswa menyanyi “SELAMAT PAGI GURU”
þ
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan
antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang “HIDUP RUKUN”
|
10 menit
|
Inti
|
þ
Peserta didik menyanyikan lagu “Satu nusa satu bangsa
þ
Melalui pengamatan gambar peserta didik menunjukan perbedaan kesukaan, hobi, fisik,
agama, dan psikis
þ
Peserta didik saling bertanya tentang kegemaran
þ
Peserta didik di dalam kelompok secara bergiliran menyampaikan pikirannya terkait dengan
kesukaan/hobi beserta alasananya
þ
Peserta didik
secara bersama-sama bernyanyi lagu “lihat kebunku”
þ
Di dalam kelompok peserta didik secara berkelompok
mengamati lingkungan sekolah kemudian mencatat nama tumbuhan dan hewan yang
ada di lingkungan sekitar
þ
Peserta didik melaporkan hasil pengamatan serta menerangkan kebutuhan hewan dan
tumbuhan
þ
Di dalam kelompok peserta didik membuat daftar kebutuhan
siswa sehari-hari, kemudian peserta didik menempelkan hasil kelompoknya pada
kertas karton, peserta didik saling menilai hasil kerja kelompok
þ
Peserta didik secara bersama-sama melakukan gerakan pisik dengan permainan
yang menyenangkan, seperti ketika guru menyebut rukun seluruh peserta didik
jongkok, ketika guru menyebut hidup peserta didik berdiri sambil melompat
þ
Peserta didik mempraktekan cara membaca dengan posisi
duduk yang benar, memegang teks bacaan yang tepat, membalikan halaman buku
dengan benar
þ
Mempraktekan lafal sapaan, ucapan terima kasih, dan maaf
kepada teman melalui demontrasi di depan kelas
þ
Melalui permainan pesan berantai peserta didik menyebutkan kebutuhan makan/minuman yang
dibeli di sekolah
þ
Melalalui permainan penjual dan pembeli peserta didik
dapat menghitung uang yang dibutuhkan untuk membeli suatu makanan/minuman
þ
Peserta didik berlari secara bergantian memindah makanan
dan alat tulis
þ
Di dalam kelompok peserta didik diskusi akibat dari tidak
merawat benda-benda yang dimilki
þ
Di dalam kelompok peserta didik berdiskusi tentang
keadaan alam keadaan cahaya/suhu pada waktu, serta menyebutkan aktivitas
siang dan malam kemudian menempek pada kertas karton
þ
Peerta didik secara kelompok menilai hasil kerja kelompok
melalui belajar sambil berjalan
þ
Peserta didik secara individu dan kelompok menyanyi lagu anak yang berhubungan dengan
hidup rukun diiringi dengan gerakan yang ekspresip
þ
Peserta didik memahami perbedaan keingin antara adik,
kakak, ayah, dan ibu tetapi selalu bersama dalam kebaikan
þ
Peserta didik dalam kelompok saling bertanya tentang asal
daerah, dan suku nya dan menerangkan suku dari teman sekelompok yang
berbeda-beda
þ
Peserta didik
menuliskan pesan yang terkandung dalam syair lagu tersebut
þ
Peserta didik menuliskan hal-hal yang tidak boleh
dilakukan di dalam kelas dan menempelnya di kertas karton
þ
Peserta didik membedakan pernyataan pemberitahuan dan
larangan melalui penyajian kalimat/pernyataan pendek atau dalam bentuk
permainan seperti peserta didik dibagi kalimat dengan acak, kemudian guru
memerintahkan yang mendapat kalimat pemberitahuan berkumpul di sebelah kiri
kelas dan yang mendapat kalimat larangan berkumpul di sebelah kanan kelas
dalam suasana yang tertib dan rapih
|
150 menit
|
|
þ
Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat dan tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar)
al:
·
Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·
Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah
satu siswa saja).
·
Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan
jawaban.
·
Mendorong
keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
|
þ
Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang RUMAHKU
(membaca, mendengar)
þ
Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya,
lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
þ
Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca
TEKS
·
(penilaian
proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian
dan kebenaran dalam membaca)
·
Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung
dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
þ
Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar )
þ
Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta
membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri,
(rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak
dan menalar)
|
|
|
þ Guru mengelompokan siswa
berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa
mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
þ Siswa berkelompok
sesuai dengan nomor yang dimiliki.
þ Guru membagi gambar kepada
masing-masing kelompok
þ Masing-masing siswa diminta
untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda
yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi,
elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
þ Siswa diminta untuk menceritakan
hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
þ Setelah tercapai kesepakatan
dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan
yang lain (TPS)
|
|
|
|
Penilaian proses:
þ
Guru
berkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
þ
Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya,
ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
þ
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|
þ
Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
·
Gambar kegiatan menyapu kelas
·
Gambar kegiatan membersihkan debu
·
Gambar kegiatan menata buku
·
Membersihkan jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan rumah
·
Gambar kegiatan menyapu rumah
·
Gambar kegiatan mengepel lantai
·
Gambar kegiatan menata tempat tidur
·
Gambar kegiatan
membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
kampung
·
Gambar kegiatan membersihkan selokan
·
Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
·
Gambar kegiatan membuang sampah
·
Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan
lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan.
Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling
membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir
berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan
cerminan dari sikap bertanggung jawab.
|
|
|
|
þ
Semua
kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema
yang sedang dipelajari.
þ
Guru
memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan
dan konfirmasi),
þ
Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan
memberikan pendapatnya
|
|
þ
Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “Satu
Nusa Satu Bangsa” untuk
mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
·
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya,
cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
|
|
þ
Guru
mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.
Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak
nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb
|
|
|
þ
Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar)
(mengkomunikasikan)
|
|
|
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian
proses)
|
|
|
þ
Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang
rumah yang bersih dan sehat
|
|
|
þ
Hasil
kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
|
|
|
|
þ
Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan
hidup sehat
|
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
þ
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan
penilaian hasil belajar
|
|
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
|
|
·
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
þ Diri anak
þ Lingkungan keluarga
þ Lingkungan sekolah
þ Buku Tematik Kelas 2
þ Buku Pengembangan Diri Anak
I. PENILAIAN
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
·
Penilaian
Kinerja
·
Penilaian
Produk
b. Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan
ganda
·
Isian
singkat
·
Esai
atau uraian
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar