Minggu, 24 Agustus 2014

RPP KURIKULUM 2013 KLS 2 SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  2 / 1
Tema / Topik                 :  Hidup Rukun
Petemuan ke                 :  1
Semester                        :  1   (satu)
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
þ  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
1.1         Menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah Tuhan
1.2         Menunjukkan sikap kebersamaan  dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan

Bahasa Indonesia
1.1         Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2         Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah
1.3         Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
1.4         Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
1.5         Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
1.6         Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
1.7         Mendengarkan  pesan pendek,  larangan, permintaan, penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan memberikan tanggapan yang sesuai
1.8         Bercerita tentang pengalaman yang mengesankan Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup hemat energi
1.9         Berbicara spontan tentang diri sendiri dan keluarga
1.10      Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan pengalamannya
1.11      Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.) kepada teman, anggota keluarga
1.12      Mengamati keadaan dan kenampakan alam, aktivitas makhluk hidup (pada waktu siang dan malam hari) dan menanggapinya secara lisan dengan kalimat [(Seandainya saya _____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)]
1.13      Menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
1.14      Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang)
1.15      Menerapkan cara menulis (permulaan)dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)

Matematika
1.1         Mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal.
1.2         Mengenal dan menukar nilai antar pecahan  uang
1.3         Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1.1         Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2         Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.
1.3         Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan
1.4         Memiliki perilaku hidup sehat
1.5         Memahami  dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis)  dan lingkungan sekolah (halaman sekolah)
1.6         Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
1.7         Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  dalam  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
1.8         Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
1.9         Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan  kecepatan, kelenturan  melalui permainan sederhana
1.10      Mempraktikkan  variasi pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak  berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)

Seni, Budaya, dan Prakarya
1.1         Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
1.2         Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya
1.3         Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis 
1.4         Membedakan aneka jenis benda bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan
1.5         Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan pola irama yang bervariasi alat musik ritmis
1.6         Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan buatan  lingkungan rumah melalui kegiatan bermain lipat, gunting, dan tempel

C.     INDIKATOR
PPKn
þ  Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah
þ  Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah.
þ  Menjelaskansikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
þ  Menjelaskan beberapa suku  teman-teman yang ada dalam kelasnya.
Bahasa Indonesia
þ  Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
þ  Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
þ  Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ  Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ  Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
þ  Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
þ  Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ  Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ  Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ  Mengucapkan maaf secara tepat
þ  Menanya sesuatu kepada orang lain
þ  Mendengarkan penjelasan
þ  Menyanyangi tumbuhan (menyiram tumbuhan, tidak menginjak rumput, tidak memetik bunga di taman, dsb)
þ  Memberi makan dan membersihkan hewan piaraan serta tidak menyakiti.
þ  Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam pesan pendek
þ  Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan
þ  Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan larangan
þ  Mengucapkan kembali pernyataan penolakan
þ  Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks
þ  Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks yang diperdengarkan
þ  Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam syair lagu
þ  Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi syair lagu
þ  Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan
þ  Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan
þ  Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
þ  Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
þ  Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
þ  Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak didengar
þ  Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
þ  Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan dan air
þ  Menyiram atau memupuk tumbuhan
þ  Memberi makan hewan peliharaan
þ  Menceritakan akibat bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu lama
þ  Menceritakan akibat bila hewan tidak diberi makan dalam waktu lama
þ  Menggambar tumbuhan atau hewan
þ  Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang dan malam hari
þ  Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam hari
þ  Membedakan aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan malam hari.
þ  Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti gunung, sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat tinggla dan sekolah
þ  Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di lingkungan tempat tinggal dan sekolah
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang pensil dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang

Matematika
þ  Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel
þ  Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan menu makan, minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan hemat di sekolah dan di rumah
þ  Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan atau minuman yang tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat
þ   Menghitung jumlah uang yang terbuang dari makanan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi
þ  Bertindak hemat dalam mengelola uang melalui menabung atau cara lainnya
þ  Menjelaskan atau menceritakan pengalaman beramal yang pernah dilakukan
þ  Menceritakan manfaat beramal bagi diri sendiri dan orang lain
þ  Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang diselenggarakan oleh kelas
þ  Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang digunakan sehari-hari
þ  Menaksir harga barang yang digunakan sehari-hari
þ  Menukar berbagai nilai pecahan uang dengan sejumlah uang pecahan lainnya
þ  Menjelaskan berbagai pilihan barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
þ  Menjelaskan alasan memilih barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
þ  Menentukan kembalian uang dari praktek permainan jual-beli barang dengan berbagai cara
þ  Menceritakan kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ  Menggambarkan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ  Menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ  Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ  Menyebutkan alat-alat kebersihan yang digunakan untuk membersihkan kelas
þ  Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di halaman sekolah(azz)
þ  Membuat daftar piket kelas
þ  Menyebutkan apa yang perlu dilakukan sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik
þ  Menyebutkan apa yang dihindarkan sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik
þ  Menyebutkan apa yang dihindarkan setelah Mempraktikkan aktivitas fisik
þ  Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ  Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ  Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ  Mempraktikkan variasi gerak menekuk
þ  Mempraktikkan variasi gerak berjalan
þ  Mempraktikkan variasi gerak berlari
þ  Mempraktikan variasi gerak melompat
þ  Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ  Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ  Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ  Mempraktikkan variasi gerak menekuk

Seni, Budaya, dan Prakarya
þ  Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengekspresikan karya
þ  Memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap pemanfaatan benda di alam sekitar
þ  Memprakarsai sikap peduli terhadap lingkungan sekitar dengan merapikan setelah bekerja(azz)
þ  Menyebutkan pola irama lagu bertanda birama tiga
þ  Menyebutkan pola bervariasi
þ  Menyebutkan pola irama rata
þ  Membedakan pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
þ  Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
þ  Mengenal judul lagu dan iringannya
þ  Menunjukkan aneka bahan di lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif boneka
þ  Mengumpulkan bahan yang terdapat di lingkungan untuk membuat boneka
þ  Menyanyi dengan tepuk irama
þ  Menyanyi dengan tepuk birama
þ  Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna
þ  Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas
þ  Menyanyi lagu sesuai dengan frasering
þ  Merancang karya kreatif boneka yang dihasilkan dari bahan di lingkungan sekitar
þ  Memotong pola dari bahan di lingkungan sekitar untuk dibentuk menjadi boneka sesuai rancangan
þ  Menyusun pola menjadi karya kreatif boneka
þ  Menilai karya boneka diri sendiri dan orang lain

D.     TUJUAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI
PPKn
þ  Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat  berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
þ  Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
þ  Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di sekolah.
þ  Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
þ  Dengan menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa & Lihat Kebunku dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Bahasa Indonesia
þ  Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ  Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ  Sikap senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan isi pikiran kepada teman, Guru dan orang lain.
þ  Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri 
þ  Lafal teks doa dengan jelas
þ  Lafal &  kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ  Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
þ  kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
þ  lingkungan sehat dan tidak sehat
þ  Nama-nama tempat dalam cerita
þ  Urutan peristiwa
þ  Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
þ  Lingkungan sehat dan tidak sehat
þ  Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
þ  Posisi duduk secara benar
þ  Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Teks bacaan dengan tepat

Matematika
þ  Dengan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel siswa dapat mengetahui daftar kebutuhannya
þ  Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat  memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
þ  Dengan mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ  Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan kelas dan halaman
þ  Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk, memutar dan melompat.

Seni, Budaya, dan Prakarya
þ  Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan dengan cara mengekspresikan diri memainkan alat musik ritmis.
þ  Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
þ  Lingkungan sekitar secara seksama
þ  Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
þ  Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
þ  Lagu  Lihat Kebunku
þ  Dapat membedakan pola irama

F.      PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  “SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “HIDUP RUKUN”
10 menit
Inti
þ   Peserta didik menyanyikan lagu “Satu nusa satu bangsa”
þ   Melalui pengamatan gambar peserta didik  menunjukan perbedaan kesukaan, hobi, fisik, agama, dan psikis
þ   Peserta didik saling bertanya tentang kegemaran
þ   Peserta didik di dalam kelompok secara bergiliran  menyampaikan pikirannya terkait dengan kesukaan/hobi beserta alasananya
þ   Peserta didik  secara bersama-sama bernyanyi lagu “lihat kebunku”
þ   Di dalam kelompok peserta didik secara berkelompok mengamati lingkungan sekolah kemudian mencatat nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
þ   Peserta didik melaporkan hasil pengamatan  serta menerangkan kebutuhan hewan dan tumbuhan
þ   Di dalam kelompok peserta didik membuat daftar kebutuhan siswa sehari-hari, kemudian peserta didik menempelkan hasil kelompoknya pada kertas karton, peserta didik saling menilai hasil kerja kelompok
þ   Peserta didik secara bersama-sama  melakukan gerakan pisik dengan permainan yang menyenangkan, seperti ketika guru menyebut rukun seluruh peserta didik jongkok, ketika guru menyebut hidup peserta didik berdiri sambil melompat
þ   Peserta didik mempraktekan cara membaca dengan posisi duduk yang benar, memegang teks bacaan yang tepat, membalikan halaman buku dengan benar
þ   Mempraktekan lafal sapaan, ucapan terima kasih, dan maaf kepada teman melalui demontrasi di depan kelas
þ   Melalui permainan pesan berantai peserta didik  menyebutkan kebutuhan makan/minuman yang dibeli di sekolah
þ   Melalalui permainan penjual dan pembeli peserta didik dapat menghitung uang yang dibutuhkan untuk membeli suatu makanan/minuman
þ   Peserta didik berlari secara bergantian memindah makanan dan  alat tulis
þ   Di dalam kelompok peserta didik diskusi akibat dari tidak merawat benda-benda yang dimilki
þ   Di dalam kelompok peserta didik berdiskusi tentang keadaan alam keadaan cahaya/suhu pada waktu, serta menyebutkan aktivitas siang dan malam kemudian menempek pada kertas karton
þ   Peerta didik secara kelompok menilai hasil kerja kelompok melalui belajar sambil berjalan
þ   Peserta didik secara individu dan kelompok  menyanyi lagu anak yang berhubungan dengan hidup rukun diiringi dengan gerakan yang ekspresip
þ   Peserta didik memahami perbedaan keingin antara adik, kakak, ayah, dan ibu tetapi selalu bersama dalam kebaikan
þ   Peserta didik dalam kelompok saling bertanya tentang asal daerah, dan suku nya dan menerangkan suku dari teman sekelompok yang berbeda-beda
þ   Peserta didik  menuliskan pesan yang terkandung dalam syair lagu tersebut
þ   Peserta didik menuliskan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di dalam kelas dan menempelnya di kertas karton
þ   Peserta didik membedakan pernyataan pemberitahuan dan larangan melalui penyajian kalimat/pernyataan pendek atau dalam bentuk permainan seperti peserta didik dibagi kalimat dengan acak, kemudian guru memerintahkan yang mendapat kalimat pemberitahuan berkumpul di sebelah kiri kelas dan yang mendapat kalimat larangan berkumpul di sebelah kanan kelas dalam suasana yang tertib dan rapih

150 menit

þ   Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah  dan halaman yang sehat dan tidak sehat,  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·         Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·         Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·         Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·         Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.


þ   Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)
þ   Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
þ   Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
·         (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
·         Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
þ   Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks  ( menalar )
þ   Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)


þ   Guru mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
þ   Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
þ   Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok
þ   Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
þ   Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
þ   Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)



Penilaian proses:
þ   Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
þ   Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
þ   Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


þ   Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
·         Gambar kegiatan menyapu kelas
·         Gambar kegiatan membersihkan debu
·         Gambar kegiatan menata buku
·         Membersihkan jendela kelas

Kelompok gambar kebersihan rumah
·         Gambar kegiatan menyapu rumah
·         Gambar kegiatan mengepel lantai
·         Gambar kegiatan menata tempat tidur
·         Gambar kegiatan  membersihkan/menyapu kebun

Kelompok  gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
·         Gambar kegiatan membersihkan selokan
·         Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
·         Gambar kegiatan membuang sampah
·         Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.



þ   Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
þ   Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
þ   Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya


þ   Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”  untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
·         Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·         Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·         Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·         Menggunakan format pengamatan


þ   Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.  Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb


þ   Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)

Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)

þ   Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat

þ   Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang


þ   Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat

Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar

þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)


·         Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·         Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


H.     SUMBER DAN  MEDIA
þ  Diri anak
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Buku Tematik Kelas 2
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
þ  Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Buku Pengembangan Diri Anak


I.       PENILAIAN
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

           


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  2 / 1
Tema / Topik                 :  Hidup Rukun
Petemuan ke                 :  2
Semester                        :  1   (satu)
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
þ  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
1.1         Menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah Tuhan

Bahasa Indonesia
1.1         Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2         Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
1.3         Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya


Matematika
1.1         Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1.1 Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2         Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan
1.3         Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan

Seni, Budaya, dan Prakarya
1.1         Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
1.2         Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya

C.     INDIKATOR
PPKn
þ  Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah
þ  Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah.
þ  Menjelaskansikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
þ  Menjelaskan beberapa suku  teman-teman yang ada dalam kelasnya.

Bahasa Indonesia
þ  Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
þ  Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
þ  Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ  Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ  Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
þ  Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
þ  Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ  Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ  Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ  Mengucapkan maaf secara tepat
þ  Menanya sesuatu kepada orang lain
þ  Mendengarkan penjelasan
þ  Menyanyangi tumbuhan (menyiram tumbuhan, tidak menginjak rumput, tidak memetik bunga di taman, dsb)
þ  Memberi makan dan membersihkan hewan piaraan serta tidak menyakiti.
þ  Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam pesan pendek
þ  Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan
þ  Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan larangan
þ  Mengucapkan kembali pernyataan penolakan
þ  Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks
þ  Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks yang diperdengarkan
þ  Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam syair lagu
þ  Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi syair lagu
þ  Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan
þ  Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan
þ  Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
þ  Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
þ  Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
þ  Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak didengar
þ  Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
þ  Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan dan air
þ  Menyiram atau memupuk tumbuhan
þ  Memberi makan hewan peliharaan
þ  Menceritakan akibat bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu lama
þ  Menceritakan akibat bila hewan tidak diberi makan dalam waktu lama
þ  Menggambar tumbuhan atau hewan
þ  Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang dan malam hari
þ  Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam hari
þ  Membedakan aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan malam hari.
þ  Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti gunung, sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat tinggla dan sekolah
þ  Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di lingkungan tempat tinggal dan sekolah
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang pensil dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang

Matematika
þ  Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel
þ  Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan menu makan, minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan hemat di sekolah dan di rumah
þ  Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan atau minuman yang tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat
þ   Menghitung jumlah uang yang terbuang dari makanan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi
þ  Bertindak hemat dalam mengelola uang melalui menabung atau cara lainnya
þ  Menjelaskan atau menceritakan pengalaman beramal yang pernah dilakukan
þ  Menceritakan manfaat beramal bagi diri sendiri dan orang lain
þ  Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang diselenggarakan oleh kelas
þ  Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang digunakan sehari-hari
þ  Menaksir harga barang yang digunakan sehari-hari
þ  Menukar berbagai nilai pecahan uang dengan sejumlah uang pecahan lainnya
þ  Menjelaskan berbagai pilihan barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
þ  Menjelaskan alasan memilih barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
þ  Menentukan kembalian uang dari praktek permainan jual-beli barang dengan berbagai cara
þ  Menceritakan kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ  Menggambarkan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ  Menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ  Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

þ  Menyebutkan alat-alat kebersihan yang digunakan untuk membersihkan kelas
þ  Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di halaman sekolah
þ  Membuat daftar piket kelas
þ  Menyebutkan apa yang perlu dilakukan sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik
þ  Menyebutkan apa yang dihindarkan sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik
þ  Menyebutkan apa yang dihindarkan setelah Mempraktikkan aktivitas fisik
þ  Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ  Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ  Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ  Mempraktikkan variasi gerak menekuk
þ  Mempraktikkan variasi gerak berjalan
þ  Mempraktikkan variasi gerak berlari
þ  Mempraktikan variasi gerak melompat
þ  Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ  Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ  Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ  Mempraktikkan variasi gerak menekuk

Seni, Budaya, dan Prakarya

þ  Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengekspresikan karya
þ  Memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap pemanfaatan benda di alam sekitar
þ  Memprakarsai sikap peduli terhadap lingkungan sekitar dengan merapikan setelah bekerja
þ  Menyebutkan pola irama lagu bertanda birama tiga
þ  Menyebutkan pola bervariasi
þ  Menyebutkan pola irama rata
þ  Membedakan pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
þ  Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
þ  Mengenal judul lagu dan iringannya
þ  Menunjukkan aneka bahan di lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif boneka
þ  Mengumpulkan bahan yang terdapat di lingkungan untuk membuat boneka
þ  Menyanyi dengan tepuk irama
þ  Menyanyi dengan tepuk birama
þ  Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna
þ  Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas
þ  Menyanyi lagu sesuai dengan frasering
þ  Merancang karya kreatif boneka yang dihasilkan dari bahan di lingkungan sekitar
þ  Memotong pola dari bahan di lingkungan sekitar untuk dibentuk menjadi boneka sesuai rancangan
þ  Menyusun pola menjadi karya kreatif boneka
þ  Menilai karya boneka diri sendiri dan orang lain


D.     TUJUAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI
PPKn
þ  Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat  berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
þ  Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
þ  Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di sekolah.
þ  Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
þ  Dengan menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa & Lihat Kebunku dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Bahasa Indonesia
þ  Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ  Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ  Sikap senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan isi pikiran kepada teman, Guru dan orang lain.
þ  Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri 
þ  Lafal teks doa dengan jelas
þ  Lafal &  kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ  Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
þ  kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
þ  lingkungan sehat dan tidak sehat
þ  Nama-nama tempat dalam cerita
þ  Urutan peristiwa
þ  Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
þ  Lingkungan sehat dan tidak sehat
þ  Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
þ  Posisi duduk secara benar
þ  Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Teks bacaan dengan tepat



Matematika
þ  Dengan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel siswa dapat mengetahui daftar kebutuhannya
þ  Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat  memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
þ  Dengan mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ  Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan kelas dan halaman
þ  Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk, memutar dan melompat.

Seni, Budaya, dan Prakarya
þ  Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan dengan cara mengekspresikan diri memainkan alat musik ritmis.
þ  Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
þ  Lingkungan sekitar secara seksama
þ  Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
þ  Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
þ  Lagu  Lihat Kebunku
þ  Dapat membedakan pola irama


F.      PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  “SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “HIDUP RUKUN”
10 menit
Inti
þ   Peserta didik menyanyikan lagu “Satu nusa satu bangsa
þ   Melalui pengamatan gambar peserta didik  menunjukan perbedaan kesukaan, hobi, fisik, agama, dan psikis
þ   Peserta didik saling bertanya tentang kegemaran
þ   Peserta didik di dalam kelompok secara bergiliran  menyampaikan pikirannya terkait dengan kesukaan/hobi beserta alasananya
þ   Peserta didik  secara bersama-sama bernyanyi lagu “lihat kebunku”
þ   Di dalam kelompok peserta didik secara berkelompok mengamati lingkungan sekolah kemudian mencatat nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
þ   Peserta didik melaporkan hasil pengamatan  serta menerangkan kebutuhan hewan dan tumbuhan
þ   Di dalam kelompok peserta didik membuat daftar kebutuhan siswa sehari-hari, kemudian peserta didik menempelkan hasil kelompoknya pada kertas karton, peserta didik saling menilai hasil kerja kelompok
þ   Peserta didik secara bersama-sama  melakukan gerakan pisik dengan permainan yang menyenangkan, seperti ketika guru menyebut rukun seluruh peserta didik jongkok, ketika guru menyebut hidup peserta didik berdiri sambil melompat
þ   Peserta didik mempraktekan cara membaca dengan posisi duduk yang benar, memegang teks bacaan yang tepat, membalikan halaman buku dengan benar
þ   Mempraktekan lafal sapaan, ucapan terima kasih, dan maaf kepada teman melalui demontrasi di depan kelas
þ   Melalui permainan pesan berantai peserta didik  menyebutkan kebutuhan makan/minuman yang dibeli di sekolah
þ   Melalalui permainan penjual dan pembeli peserta didik dapat menghitung uang yang dibutuhkan untuk membeli suatu makanan/minuman
þ   Peserta didik berlari secara bergantian memindah makanan dan  alat tulis
þ   Di dalam kelompok peserta didik diskusi akibat dari tidak merawat benda-benda yang dimilki
þ   Di dalam kelompok peserta didik berdiskusi tentang keadaan alam keadaan cahaya/suhu pada waktu, serta menyebutkan aktivitas siang dan malam kemudian menempek pada kertas karton
þ   Peerta didik secara kelompok menilai hasil kerja kelompok melalui belajar sambil berjalan
þ   Peserta didik secara individu dan kelompok  menyanyi lagu anak yang berhubungan dengan hidup rukun diiringi dengan gerakan yang ekspresip
þ   Peserta didik memahami perbedaan keingin antara adik, kakak, ayah, dan ibu tetapi selalu bersama dalam kebaikan
þ   Peserta didik dalam kelompok saling bertanya tentang asal daerah, dan suku nya dan menerangkan suku dari teman sekelompok yang berbeda-beda
þ   Peserta didik  menuliskan pesan yang terkandung dalam syair lagu tersebut
þ   Peserta didik menuliskan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di dalam kelas dan menempelnya di kertas karton
þ   Peserta didik membedakan pernyataan pemberitahuan dan larangan melalui penyajian kalimat/pernyataan pendek atau dalam bentuk permainan seperti peserta didik dibagi kalimat dengan acak, kemudian guru memerintahkan yang mendapat kalimat pemberitahuan berkumpul di sebelah kiri kelas dan yang mendapat kalimat larangan berkumpul di sebelah kanan kelas dalam suasana yang tertib dan rapih

150 menit

þ   Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah  dan halaman yang sehat dan tidak sehat,  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·         Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·         Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·         Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·         Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.


þ   Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)
þ   Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
þ   Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
·         (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
·         Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
þ   Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks  ( menalar )
þ   Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)


þ   Guru mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
þ   Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
þ   Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok
þ   Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
þ   Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
þ   Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)



Penilaian proses:
þ   Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
þ   Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
þ   Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


þ   Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
·         Gambar kegiatan menyapu kelas
·         Gambar kegiatan membersihkan debu
·         Gambar kegiatan menata buku
·         Membersihkan jendela kelas

Kelompok gambar kebersihan rumah
·         Gambar kegiatan menyapu rumah
·         Gambar kegiatan mengepel lantai
·         Gambar kegiatan menata tempat tidur
·         Gambar kegiatan  membersihkan/menyapu kebun

Kelompok  gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
·         Gambar kegiatan membersihkan selokan
·         Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
·         Gambar kegiatan membuang sampah
·         Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.



þ   Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
þ   Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
þ   Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya


þ   Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”  untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
·         Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·         Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·         Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·         Menggunakan format pengamatan


þ   Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.  Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb


þ   Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)

Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)

þ   Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat

þ   Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang


þ   Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat

Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar

þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)


·         Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·         Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan



H.     SUMBER DAN  MEDIA
þ  Diri anak
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Buku Tematik Kelas 2
þ  Buku Pengembangan Diri Anak

I.       PENILAIAN
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

                       




Jumat, 18 April 2014

materi ajar kelas Vll tentang akhlak tercela kepada allah swt

MATERI AKHLAK TERCELA KEPADA ALLAH SWT.
Agar kita terhindar dari sifat tercela yang dibenci dan dilarang oleh Allah SWT., maka kita harus mempelajari dan memahami tentang sifat-sifat tercela tersebut. Dan diantara sifat-sifat tercela tersebut diantaranya :
A. RIYA’
1. Pengertian Riya’
Sifat riya’ ialah salah satu sifat tercela sangat merugikan bagi yang memilikinya.Karena dapat menghapus pahala amal, atas perbuatan amal baik yang sudah dilakukan.Riya’ menurut bahasa artinya memperlihatkan/memamerkan.Sedang menurut istilah riya’ artinya suka memperlihatkan diri dalam berbagai perbuatan baik/amal ibadah .Selain sifat riya’ ada sifat tercela yang hampir sama dengan riya’.Yaitu sifat sum’ah.Sum’ah menurut bahasa berarti memperdengarkan.Dan menurut istilah sum’ah berarti suka memperdengarkan amal ibadah kepada Allah SWT,dengan harapan mendapatkan pujian dari oranglain.
Rosulullah SAW,bersabda “orang-orang yang sudah berbuat riya’ dan sum’ah disebut munafik.”(HR.MUSLIM)
2. Macam-macam riya’ & contohnya
§  Riya’ dalam agama dengan badan. Contohnya yaitu seseorang yang memperlihatkan kekurusan agar dikira orang yang rajin dalam beribadah.
§  Riya’ dalam tingkah laku.Contohnya yaitu orang yang menunduk dalam berjalan, memperlihatkan bekas sujud didahi,tenang serta kalem dalam gerakan.
§  Riya’ dalam ucapan.Contohnya seseorang yang menunjukkan kefasihannya dalammembaca AL-Qur’an , menggerakkan bibir saat berdzikir didepan umum.
§  Riya’ dengan amal.Contohnya ialah seseorang yang menyantuni anak yatim dihadapan orang banyak, agar dinilai sebagai orang yang dermawan.
3. Larangan Berbuat Riya’
Riya’ merupakan salah satu sifat tercela yang dilarang dalm agama Islam. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al-Baqarah: 264.
   
 
 
 
 
dan dalam Q.S. Al-Munafiqun : 1-3. 
 
 
 
 
 
 
 
70. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, 


264. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir 
Ayat tersebut secara jelas telah melarang kita untuk berbuat riya’.
4. Akibat Buruk dari Sifat Riya’
§  Mendapat dosa besar,karena riya’ termasuk syirik
§  Menghapus pahala amal kebaikan.
5. Cara Menghindari Sifat Riya’
§  Berusaha mengendalikan diri agar tidak merasa bangga saat berbuat baik didepan orang lain.
§  Selau melatih diri untuk beramal.
§  Berusaha menahan diri agar tidak merasa kecewa.
§  T idak suka memuji kebaikan orang lain.
§  melatih diri untuk bersedekah.

B. NIFAK.

1. Pengertian Nifak
Nifak secara bahasa berarti berpura-pura.”lubang tikus dipadang pasir yang susah ditebak tebusannya”.
Sedangkan menurut istilah nifak artinya sikap yang tidak menentukan, yakni tak sesuai antara ucapan dengan perbuatan.Sebagaimana firman Allah SWT,dalam Surah Al-Baqarah : 14. 

14. Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: "Kami telah beriman". Dan bila mereka kembali kepada syaitan-syaitan mereka, mereka mengatakan: "Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok. 

2. Ciri-ciri/bentuk-bentuk sifat nifak
§  Mengaku beriman,tetapi hatinya tetap dalam kekafiran. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah: 8 

8. Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian," pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. 


1. Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata: "Kami mengakui, bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah". Dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta. 


2. Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan. 


3. Yang demikian itu adalah karena bahwa sesungguhnya mereka telah beriman, kemudian menjadi kafir (lagi) lalu hati mereka dikunci mati; karena itu mereka tidak dapat mengerti. 

§  Jika berbicara suka berdusta,jika berjanji mengingkari,dan jika dipercaya,menghianati.
§  Jika bertengkar suaranya melewati batas.
§  Pandai bersilat lidah.
§  Bermuka dua dan suka mengobral janji.
§  Seseorang yang mengetahui bahwa ia beriman,tapi tidak pernah shalat.
§  Seoerang pelajar yang diberi uang untuk membayar SPP,tapi tidak dibayarkan.
§  Seorang pemimpin yang berjanji, tapi mengingkarinya.
3. Larangan Bersifat Nifak
Nifak merupakan sifat tercela yang dibenci oleh Allah SWT. tercantum dalam Q.S. Al-Ahzab : 70

4. Akibat Buruk/Kerugian dari Sifat Nifak.
a. Bagi diri sendiri:
§  Tercela dalam pandangan Allah SWT.
§  Tidak dipercaya oleh orang lain.
§  Tidak disenangi dalam pergaulan.
§  Mempersempit jalan untuk memperoleh rizki.
§  Selalu diliputi perasaan ragu.
§  Mendapat siksa kelak dihari akhir.
b. Bagi orang lain:
§  Dapat menimbulkan fitnah.
§  Mencemarkan nama baik keluarga.
§  Dapat menimbulkan kekecewaan hati.
5. Menghindari Sifat Nifak.
§  Menyadari bahwa nifak merupakan sifat tercela.
§  Menyadari bahwa nifak dapat merugikan diri sendiri.
§  M enyadari bahwa nifak tidak sesuai dengan hati.
§  Meyakini bahwa kejujuran dapat menentramkan hati.



RIYA
Riya adalah sifat suka menampilkan diri dalam beramal, agar amal tersebut dilihat orang dengan maksud ingin mendapat simpati atau pujian. Sum’ah adalah sifat suka menceritakan amal perbuatan agar didengar orang dengan maksud ingin mendapat simpati atau pujian. Jadi, riya dan sum’ah merupakan sifat tercela, kebalikan dari ikhlas.
Muhammad Al-Barkawi, seorang ahli tasawuf mengatakan, bahwa riya adalah mencari manfaat duniawi dengan cara menampilkan ukhrawi (akhirat) serta segala hal yang mencerminkan amal tersebut dan menampilakan itu sengaja dilakukan supaya dilihat orang lain. Orang yang memiliki sifat riya kemungkinan seorang abid (seorang yang suka ibadah), namun tujuan ibadahnya bukan untuk mencari ridho Allah, tetapi untuk memperoleh pujian dari orang lain.
Riya dan sum’ah adakalanya timbul karena ingin mendapat pujian, misalnya sering mengikuti shalat berjama’ah agar dinilai sebagai orang yang shaleh. Adakalanya pula timbul karena kekhawatiran akan mendapat celaan dari orang lain. Misalnya, membayar zakat karena takut dibilang kikir atau pelit. Baik karena ingin mendapat pujian atau karena kekhawatiran mendapat celaan, riya dan sum’ah adalah sifat tercela.
Orang-orang yang riya dan sum’ah juga tergolong orang-orang yang mendustakan agama sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Maa’uun ayat 1-7 :
|

Artinya :
“ Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, Orang-orang yang berbuat riya. Dan enggan (menolong dengan) barang berguna ”.
Alangkah meruginya orang-orang yang bersifat riya dan sum’ah, karena mereka bersusah payah mengeluarkan tenaga, harta dan mengeluarkan waktu, tetapi Allah tidak menerima sedikitpun amal ibadah mereka, bahkan azab yang mereka terima sebagai balasannya. Firman Allah dalam surat Ali-Imran ayat 188:
Ÿ


Artinya :                                                                                                                                               
“ Janganlah sekali-kali kamu menyangka, hahwa orang-orang yang gembira dengan apa yang Telah mereka kerjakan dan mereka suka supaya dipuji terhadap perbuatan yang belum mereka kerjakan janganlah kamu menyangka bahwa mereka terlepas dari siksa, dan bagi mereka siksa yang pedih ”.


Jumat, 03 Januari 2014

berbicara kepribadian dan fitrah dalam pandangan psikologi agama

kepribadian dan fitrah
perbedaan kepribadian dengan fitrah dalam diri seseorang pada kaitannya adalah sesuatu modal dasar untuk berprilaku ,dalam pandangan psikologi agama dipandang kepada kepribadian agama ,maka pada dasarnya dapat dibentuk menjadi manusia yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa ,
kepribadian dan fitrah adalah bahan dasar untuk dikembangkan di lingkungannnya sendiri yaitu lingkungan mereka sendiri dalam prilaku sendiri , menjadikan modal untuk berprilaku dirinya sendiri . memaknai fitrah adalah keagamaan seseorang.
kenapa ada orang yang hateis,pada dasarnya manusia itu beragama dan agamanya satu ,setiap dulu kala islam  .sebenarnya islam itu bukan agama pemahaman saja.
fitrah itu manusia berasal dari fitrah  islam ,setiap orang yang lahir mereka sudah menjadi islam jikala orang diislamkan oleh orang tuannya .

jadi kepribadian dan fitrah seseorang dalam psikologi agama yaitu menjadikan seseorang berprilaku.

sumber : Drs.Nurhamzah ///Dosen Psikologi agama IAILM 2014


makalah psikologi agama tentang dzikir dan doa sebagai psikoterapi realigi

Doa dan Dzikir Sebagai Terapi Psikoreligius


brdoa-gf 
doa dan dzikir merupakan komitmen keimanan seseorang. Doa adalah permohonan yang dimunajatkan ke kehadirat Allah SWT. Dzikir adalah mengingat Allah SWT dengan segala sifat-sifat-Nya.
Secara umum dzikrullah adalah perbuatan mengingat Allah dan keagungannya dalam bentuk yang meliputi hampir semua ibadah, perbuatan baik, berdoa, membaca Al Quran, mematuhi orang tua, menolong teman yang dalam kesusahan dan menghindarkan diri dari kejahatan dan perbuatan dzalim. Dalam arti khusus dzikrullah adalah menyebut nama Allah sebanyak-banyaknya dengan memenuhi tatatertib, metode, rukun dan syarat sesuai yang diperintah oleh Allah dan rosulnya.
Dzikir dibagi tiga. Pertama, dzikir atas dzatnya, yakni pengucapan "laa ilaaha illallaah". Kalimat ini untuk menyeimbangkan dan menselaraskan hati dengan Sang Pencipta. Kedua dzikir atas ilmunya, yakni pengucapan Muhammadar Rosuulullah. Allah memberikan pengetahuan dengan perantaraan Rosul SAW. Melalui beliau dituturkan kepada yang berhak mendapatkan petunjuk. Ali R.A. adalah penghubungnya atau wasilah, sesuai hadits "Aku adalah kotanya ilmu, dan Ali adalah pintunya". Ketiga, dzikir atas af’al-Nya, yakni pengucapan "Fi kulli lamhatin wa nafasin Adada maa wasi’ahuu ‘Ilmullah (sebanyak kedipan dan nafas mahluk, serta seluas Ilmu Allah).
foto1 Pengungkapan dzikir tersebut merupakan kalimat tafakkur atas penciptaan Allah berupa gerak nafas dzikir seluruh mahluk-Nya baik yang tidak terlihat. Penghayatan dzikir ini sesuai dengan firman Allah "Yakni orang-orang yang berdzikir kepada Allah dengan berdiri, duduk dan berbaring dan bertafakkur tentang penciptaan langit dan bumi." (QS. Ali Imran: 191)
Konsep penghayatan dzikir tidak berhenti pada pengucapan dan pelantunan dzikir semata, tetapi sentuhan jiwa kepada Allah Yang Rahman dan Rahim menjadi cermin utama dalam menyikapi berbagai keadaan dalam kehidupan.
Allah SWT yang menjadi obyek pada saat kita dzikir akan berubah menjadi subyek, ketika perwujudan dan sifat-sifat Allah yang tampak pada setiap ciptaan-Nya mengambil tempat pada sikap dan perilaku yang berdzikir. Dengan bertafakkur pada kondisi demikian, kesadaran terhadap luasnya ilmu Allah akan tampak begitu nyata.
 
Dzikir kepada Allah bukan hanya semata-mata mengucapkan Asma Allah didalam lisan atau di dalam pikiran dan hati. Akan tetapi dzikir kepada Allah adalah doa1ingat kepada Asma, Dzat, Sifat dan Af’al-Nya. Kemudian memasrahkan kepada-Nya hidup dan mati, sehingga tidak ada lagi rasa khawatir, takut maupun gentar dalam menghadapi segala macam mara bahaya dan cobaan.
Berserah diri menjadi kata kunci dalam memasuki pengalaman untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Berserah diri tidak mungkin bila kita masih memiliki ego tentang diri kita masing-masing.
zikir Hati bagaikan cermin. Setiap kali kita melakukan dosa maka ibarat debu yang menempel pada cermin. Ketika hati kita sudah bersih, alampun menyambut dengan seluruh aliran energi yang ada di permukaannya. Pada akhirnya masalah bukan lagi hal yang menakutkan, akan tetapi justru menjadi bumbu yang harus diramu menjadi energi untuk hisup. Energi yang mengalir dengan benar maka akan membawa keselarasan dalam hidup kita. Energi yang kita alirkan pada arah yang keliru, akan menghasilkan kerusakan seluruh dimensi kehidupan kita.
Psikoterapi Dzikir dan Doa
Psikoterapi dzikir dan doa dapat dijadikan psikoterapi untuk pengobatan keguncangan jiwa, kecemasan dan gangguan mental. Dzikir dan doa adalah metode kesehatan mental. Dengan berdzikir dan berdoa orang akan merasa dekat dengan Allah SWT dan berada dalam perlindungan dan penjagaannya. Dengan demikian akan timbul rasa percaya diri, teguh, tenang, tenteram dan bahagia.
Tahap Psikoterapi Doa images1
1. Tahap kesadaran Sebagai Hamba
Pada tahap ini adalah tahap pembangkitan kesadaran. Kesadaran sebagai hamba dan kesadaran kelemahan manusia. Sebelum berdoa seorang hamba diharuskan untuk merendahkan diri kepada Allah. Pada kesadaran ini seseorang disadarkan akan gangguan kejiwaan atau penyakit sebagai bagian diri kemudian dimintakan kesembuhan kepada Allah.
2. Tahap Kesadaran Akan Kekuasaan Allah
Kesadaran akan kekuasan Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang, Yang memberi Kesembuhan akan sesuatu penyakit. Tahap ini menumbuhkan keyakinan kita kepada Allah atas kemampuan Allah dalam menyembuhkan.
3. Tahap Komunikasi
Berkomunikasi dengan Allah adalah suatu hal yang penting, tahap ini bisa berupa pengakuan dosa. Dengan hati yang bersih maka kontak dengan Allah akan lebih jernih.
Pengungapan kegundahan hati dan kesulitan yang dihadapi akan menumbuhkan rasa dekat dengan Allah.
Permohonan doa kesembuhan terhadap apa yang dialami, jangan memaksakan kehendak agar Allah mengabulkan.
Tahap menunggu dan diam, namun hati tetap mengadakan permohonan kepada Allah. Pada tahap ini kita pasrah kepada Allah dan mengikuti kemauannya Allah dan apa kehendak Allah. Maka dengan sikap ini diharapkan akan dapat menangkap jawaban Allah.
Proses Terapi Doa
1. Tumbuhkan niat dalam diri untuk disembuhan oleh Allah.
2. Rilekskan tubuh, kendorkan dari mulai kaki hingga kepala, jangan ada ketegangan otot.
3. Sadari kesalahan yang dirasakan, amati keluhan itu, ikuti dengan kesadaran bahwa kita lemah, tidak berdaya dan tidak memiliki kemampuan apa-apa.
4.Sadari kebesaran Allah melalui alam ciptaan-Nya, Dia yang memberi hidup dan mati, Dia yang memberi sembuh dan sakit.
5. Ungkapkan seluruh keluhan yang dirasakan kepada Allah.
6. Mintakan kesembuhn kepada Allah
7. Tetap rilek dan masih pada posisi memohon kepada Allah
8. Pasrah kepada Allah sertai dengan keyakinan bahwa Allah menjawab doa yang dipanjatkan.
9. (Menunggu jawaban doa, diam namun tetap ingat memohon kepada Allah)
Proses Relaksasi Dzikir untuk Mengobati Insomnia
1. Ambil posisi tidur telentang yang paling nyaman
2. Pejamkan mata dengan perlahan-lahan, jangan dipaksakan agar otot disekitar mata tidak tegang.
3. Lemaskan semua otot. Mulai dari kaki, betis, paha dan perut. Gerakkan bahu beberapa kali agar rileks.
4. Bernafas dengan wajar, dan ucapkan dalam hati frase yang akan diulang, umpamnya "Subhanallah".
Pada saat mengambil nafas ucapkan "Subhanallah" dalam hati, setelah selesai keluarkan nafas dengan mengucapkan "Allah" dalam hati. Sambil terus melakukan no, 4, lemaskan seluruh tubuh disertai dengan sikap pasrah kepada Allah. Sikap ini menggambarkan sikap pasip yang diperlukan dalam relaksasi, dari sikap pasip ini akan memunculkan efek relaksasi ketenangan yang luar biasa.

Rabu, 01 Januari 2014

rasanya malam pergantian tahun 2014

malam merenung di sudut rumah bibi yang gak jauh dari rumah ibu , meratap indahnya rembulan dilangit sana yang senantiasa menyinari malam kelabu , tetapi disana gemerlap keduniawian malam hamburkan uang demi hasrat keduniawian ,dengan letusan gemerlap kembang api yang beraneka ragamnnya .
keberuntungan bukan hanya dirasakan oleh beberapa orang ,bahkan disini keberuntungan itu tidak sedang dalam pandangan mata yang bisa dirasakan oleh saya pribadi .
malam pergantian tahun memang sudah cultural kebiasaan untuk dinikmati dengan menyambutnya dengan senang-senang padahal masih ada cara lain untuk menikmati malam pergantian tahun tersebut .
bisa karena orang tersebut boke ,yang menjadikan beliau tidak bisa menikmati malam pergantian tahn tersebt
next
to be countinous .....

Senin, 30 Desember 2013

keutamaan surat-surat dalam Al-Quran ''subhanalooh''

alqur'an adalah kalam allah swt yang luar biasa ,sistematika dan aturan hiduppun terdapat di dalam alhasil untuk kita bisa mendekatkan  diri kepada sang pemilik segalanya .coba kita bahas mengenai keutamaan surat-surat al-quran yang subhanalloh , sangat bermanfaat ,diantaranya adalah :

Keutamaan Surat Al-Wâqi’ah

Ubay bin Ka’b berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: 
“Barangsiapa yang membaca surat Al-Wâqi’ah, ia akan dicatat sebagai orang yang tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 203).

Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: 
“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan ditimpa kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 203).

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: 
“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia; tidak akan  melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia. Surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 203).

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:
“Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal: 117). 

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: 
“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal: 117).

Keutamaan Surat Al-Fatihah

1.    Rasulullah SAW bersabda: 
 “Ketika Allah Azza wa Jalla hendak menurunkan surat Al-Fatihah, ayat Kursi, Ali-Imran 18, 26-27, surat dan ayat itu bergelantung di Arasy dan tidak ada hijab dengan Allah. Surat dan ayat itu berkata: Ya Rabbi, Kau akan turunkan kami ke alam dosa dan pada orang yang bermaksiat kepada-Mu, sementara kami bergelantung dengan kesucian-Mu. Allah SWT. berfirman:

“Tidak ada seorang pun hamba yang membaca kalian setiap sesudah shalat kecuali Aku karuniakan padanya lingkaran kesucian di tempat ia berada, dan Aku memandangnya dengan mata-Ku yang tersembunyi setiap hari tujuh puluh kali pandangan. Jika tidak, Aku tunaikan baginya setiap hari tujuh puluh hajat yang disertai pengampunan. Jika tidak, Aku melindungi dan menolong-nya dari semua musuhnya. Dan tidak ada yang mengha-langinya untuk masuk ke surga kecuali kematian.” (Tafsir Majmaul Bayan 1/426)


2.    Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT. berfirman: 
“Aku membagi surat Al-Fatihah antara Aku dan hamba-Ku, separuh untuk-Ku dan separuh lagi untuk hamba-Ku. Bagi hamba-Ku ketika ia bermohon dan membaca:  Bismillahir Rahmanir Rahim, Allah Azza wa Jalla menyatakan: “Hamba-Ku telah memulai dengan nama-Ku, maka berhaklah Aku untuk menyempurnakan urusannya dan memberikan keberkahan dari sisi-Ku untuk seluruh keadaannya.”
Ketika hamba-Ku membaca: Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin, Allah Jalla jalaluh menyatakan: “Hamba-Ku telah memuji-Ku, mengakui bahwa semua nikmat yang dimilikinya berasal dari sisi-Ku, dan semua bala’ Aku yang menyingkirkan sehingga ia merasakan itu sebagai karunia. Maka, hendaknya kalian saksikan, Aku akan menjamunya dengan kenikmatan akhirat lebih dari kenikmatan dunia yang telah Kuberikan, dan menyingkirkan bala’ akhirat sebagaimana Aku telah menyingkirkan bala’ dunia.”
Ketika hamba-Ku membaca: Ar-Ramânir Rahîm, Allah Jalla jalaluh menyatakan: “Hamba-Ku telah bersaksi bahwa Aku Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kalian saksikan, Aku akan melimpahkan rahmat-Ku padanya dan mencurahkan karunia-Ku padanya.”
Ketika hamba-Ku membaca: Maliki yawmiddîn, Allah SWT. menyatakan: Kalian saksikan, sebagaimana ia telah mengakui Aku sebagai Raja pada hari kiamat, Aku akan memberikan kemudahan baginya yaitu amalnya tidak dihisab, dan Aku akan mengampuni semua kesalahannya.”
Ketika hamba-Ku membaca: Iyyâka na’budu wa iyyâka nasta’in, Allah Azza wa Jalla menyatakan: “Dia hanya memohon pertolongan kepada-Ku dan hanya bersandar kepada-Ku. Kalian saksikan, Aku akan menolongnya dalam segala urusannya, Aku akan melindungi-Nya dalam segala deritanya, dan Aku akan memegang tangannya saat ia membutuhkan pertolongan.”
Ketika hamba-Ku membaca: Ihdinash shirâthal mustaqîm ... (sampai akhir surat), Allah Jalla jalaluh menyatakan: Hamba-Ku telah bermohon pada-Ku, Aku pasti mengijabah permohonan hamba-Ku, memberikan apa yang diinginkan, dan menyelamatkannya dari apa yang ditakutkan.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 1/5)

Keutamaan surat Al-Qadar
1. Rasulullah SAW bersabda
: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan menghidupkan malam Al-Qadar.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 613).
2. Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:
“Tidak ada seorang pun hamba yang membaca surat Al-Qadar tujuh kali sesudah shalat Subuh, kecuali para malaikat ber-shalawat kepadanya 70 shalawat dan mencurahkan rahmat kepadanya 70 rahmat.” (Mafatihul Jinan: 79).
3. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: 
“Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar dalam shalat-shalat fardhunya, malaikat memanggilnya: Wahai hamba Allah, Allah telah mengampuni dosamu yang lalu, maka mulailah amalmu yang baru.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 612).
4. Imam Ali Ar-Ridha (sa) berkata:
“Barangsiapa yang berziarah ke kubur saudaranya yang seiman, kemudian ia meletakkan tangannya pada kuburannya sambil membaca surat Al-Qadar (7 kali), Allah menjamin baginya keamanan dari ketakutan yang paling besar.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 613).
5. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) menasehati para sahabat dan pengikutnya: 
“Barangsiapa yang sakit, hendaknya ia mengambil bejana yang baru, kemudian diisi air oleh dirinya sendiri, lalu membacakan pada air itu surat Al-Qadar secara tartil sebanyak (30 kali), kemudian air itu diminum, dibuat wudhu’ dan diusapkan pada bagian yang sakit, jika airnya kurang bisa ditambahkan. Jika hal itu dilakukan, insya Allah dalam waktu tiga hari Allah akan menyembuhkannya dari penyakit itu.” 
 (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5/613).

Keutamaan surat Al-Ikhlash
1. Rasulullah SAW bersabda: ...
”Barangsiapa yang membaca surat Al-Ikhlash tiga kali,  ia seperti membaca seluruh Al-Qur’an.”  (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 702). 

2. Rasulullah SAW bersabda: 
“Barangsiapa yang melewati kuburan dan membaca surat Al-Ikhlash sebelas kali, kemudian ia menghadiahkan pahalanya kepada penghuni kubur, Allah SWT memberikan pahala padanya sejumlah penghuni kubur.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 702).
3.Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata:  
“Barangsiapa yang membaca surat Al-Ikhlash sebelas kali sesudah shalat Subuh, maka pada hari itu ia tidak akan ditakutkan oleh dosa walaupun setan berusaha keras untuk menggodanya.” (Mafatihul Jinan: 77).
4.Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata: 
“Aku mimpi melihat Hidhir (as) pada malam besoknya perang Badar. Aku berkata padanya: ajarkan padaku sesuatu yang dapat menolongku dari musuh-musuhku. Hidhir (as) berkata: bacalah: Yâ Huwa yâ Man lâ huwa illâ Huwa. Pagi harinya aku ceritakan kepada Rasulullah SAW. Kemudian beliau bersabda: “Wahai Ali, engkau telah mengetahui Ismul A’zham (nama Allah yang paling agung).” 
Kemudian Ismul A’zham itu mengalir di lisanku pada hari perang Badar. Perawi hadis ini mengatakan:  Imam Ali (sa) membaca surat Al-Ikhlash kemudian membaca:

يَا هُوَ يَا مَنْ لاَ هُوَ اِلاَّ هُوَ، اِغْفِرْلِي وَانْصُرْنِي عَلَى الْكَافِرِيْنَ

Yâ Huwa yâ Man lâ huwa illâ Huwa, ighfirlî wanshurnî ‘alal kâfirîn.
Wahai Dia yang tiada dia kecuali Dia, ampuni aku dan tolonglah aku menghadapi orang-orang kafir. (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 700)
5. Imam Ja`far Ash-Shadiq (sa) berkata: 
Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan tinggalkan membaca surat Al-Ikhlash sesudah shalat fardhu, karena orang yang membacanya Allah akan menggabungkan baginya kebaikan dunia dan akhirat, mengampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya serta dosa anaknya”. (Mafatihul Jinan 478)
6. Imam Musa Al-Kazhim (sa)1) berkata: 
“Sangatlah banyak keutamaan bagi anak kecil jika dibacakan padanya surat Al-Falaq (3 kali), surat An-Nas (3 kali), dan surat Al-Ikhlash (100 kali), jika tidak mampu (50 kali). Jika dengan bacaan itu ia ingin mendapat penjagaan, ia akan terjaga sampai hari wafatnya.” (Mafatihul Jinan:  479)
__________
1) Imam Musa Al-Kazhim (sa) adalah putera Ja’far Ash-Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Al-Husein bin Fatimah puteri Rasulullah SAW.


RAHASIA HARI DALAM ISLAM

Ngemengin tentang hari-hari itu tidak sama nilainya, ada yang baik untuk aktivitas tertentu dan tidak baik untuk aktivitas yang lain, dan ada juga hari yang APES (sial) sepanjang hari.

Allah swt berfirman: "Kami menghembuskan badai dalam beberapa hari yang nahas, karena Kami hendak merasakan kepada mereka itu siksaan yang menghinakan dalam kehidupan dunia. Dan sesungguhnya siksaan di akhirat lebih menghinakan sedangkan mereka tidak diberi pertolongan." (Fushshilat/41: 16)

"Sesungguhnya Kami menghembuskan kepada mereka angin yang sangat kencang pada hari nahas yang terus menerus." (Al-Qamar/54: 19).

Tentang hari-hari pilihan, Imam Ja'far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Hindarilah melakukan safar (bepergian) pada hari ketiga, keempat, ke 21 dan ke 25 setiap bulan, karena hari-hari itu adalah hari nahas." (Makarimul Akhlaq: 424). 

Beliau juga mengatakan:
  • Hari Pertama : Baik untuk menjumpai penguasa, mencapai hajat, jual-beli, bercocok tanam, dan bepergian.
  • Hari Kedua     : Baik untuk bepergian, dan mencapai hajat.
  • Hari Ketiga     : Buruk dan tidak baik untuk seluruh kegiatan
  • Hari Keempat : Baik untuk perkawinan, dan tidak disukai untuk bepergian.
  • Hari Kelima    : Buruk dan na'as.
  • Hari Keenam  : Diberkati, baik untuk perkawinan, dan mencapai hajat.
  • Hari Ketujuh  : Diberkahi, terpilih dan baik untuk segala yang diinginkan dan rencana usaha.
Perhitungan hari-hari dalam primbon ini berdasarkan kalender Hijriyah.
Selengkapnya silahkan download di halaman download eBook di Download
src="https://sites.google.com/site/brojosblog/efek%20hujan%20salju.js"type="text/javascript">
Advertise
300x250
Here

Ads by sandi setiawan