Sabtu, 29 Desember 2012

ini adalah bakatku


Komentar tentang film “I’M NOT STUPID’

beberapa pelajaran yang dapat diambil dari segi bimbingan konseling diantaranya, yaitu.

1.      Bimbingan tentang Psikiologi anak, dalam film tersebut terlihat bagaimana dampak dari pendidikan yang dilakukan oleh orang tuanya yang sangat berpengaruh bagi psikis anak. Sebagai contoh bila anak dididik dengan cara yang baik akan menghasilkan perilaku yang baik, dan bila dididik dengan cara yang kasar akan menghasilkan periaku yang kasar pula. Demikian yang tampak dalam film tersebut

2.      Bimbingan Emosional, dalam film tersebut terlihat betapa kuat pendidikan emosional yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak , secara tidak langsung dapat mempengaruhi jiwanya yang masih labil dan masih perlu bimbingan agar dapat menghasilkan emosional yang baik.

3.      Bimbingan Sosial, dalam film tersebut terdapat aspek sosial yang perlu bimbingan agar tidak terbawa kehidupan sosial yang tidak baik. Hal ini terlihat ketika seorang anak mendengar bahwa ia telah menghamili temannya yang sebenarnya ia tahu tentang penyebab kehamilan tersebut sehingga si anak mencari tahu dengan cara menanyakan kepada orang dewasa dan yang paling parah ia langsung melihat video tentang proses kehamilan, yang semestinya tidak dulu diketahui oleh anak seusia itu. Makanya harus hati-hati dengan kehidupan sosial.

4.      Bimbingan Potensi, dalam film tersebut terdapat statement dari seorang anak yang mengatakan “ini adalah bakatku”. Sehingga meskipun potensi tersebut terlihat seperti bukan bakat yang tersembunyi karena sering berbuat kerusakan, sering berkelahi , ternyata itulah bakatnya sehingga menjadi seorang atlet beladiri dan profesional. Jadi jangan meremehkan yang namanya potensi sekalipun itu terlihat buruk tapi mungkin itulah potensi yang tersembunyi atau soft skill yang dimilikinya.

5.      Bimbingan akhlak, yang terpenting dari film ini adalah menyiratkan tentang pendidikan akhlak atau segala macam perilaku yang terjadi yang harus dibimbing menjadi akhlak yang baik. Sehingga penting bagi kita sebagai calon guru untuk dapat membimbing akhlak anak didik kita menjadi akhlak yang baik dengan dicontohkan oleh kita sebagai calon guru kaena sejatinya anak didik itu mulanya melihat gurunya sendiri, nah untuk itu kita harus berusaha untuk berperilaku yang baik.
 
ditulis oleh arizalul aziz
src="https://sites.google.com/site/brojosblog/efek%20hujan%20salju.js"type="text/javascript">
Advertise
300x250
Here

Ads by sandi setiawan